Kamis, 19 Januari 2012

Kecurangan Pada Pihak Pom Bensin

Mungkin selama ini kita ga tau / ga sadar sama kecurangan yang bikin untung pihak pom bensin (yaa ga semua pihak pom bensin sih, yang pasti ada dan lebih dari 1) Mau tau dari mana dia dapet untungnya?

Oke sekarang gua jelasin, setiap kita isi bahan bakar kendaraan, premium/solar/pertamax di pom bensin, pasti kita pernah liat karyawan yg megang handel katup selang yg dimasukin ke lubang tangki kendaraan. Sebenernya, dia tuh ngalihin perhatian, caranya, dia ngasi sugesti ke kita biar kita  liat angka di mesin pom tsb, dgn secara ga sadar, kita pasti bakal liat angka tsb sampai selesai.

Ya begitulah ilmu hipnosis dasar yg mereka lakukan. Sampai-sampai kita ga liat handle tangan yang ditekan terus dilepas, ditekan terus dilepas lagi pas pengisian bahan bakar tsb.

Kenapa dia melakukan dengan cara seperti itu? Karena, bahan bakar yang keluar tertahan dan masuk, akan masuk lagi ke dalam mesin tsb, hebatnya lagi angka-angka yang ada di mesin tsb ga bakal muter balik ( misal 10000 ke 9800 [gara2 diteken terus dilepas] ) & pas selesai dengan jumlah pembelian bahan bakar, karyawan pom bensin pasti cepet-cepet menghentikan dengan mengunci handle tsb.

Nah, dari kasus itulah yg bikin pom bensin di luar negri ngisi bahan bakarnya sama konsumennya sendiri, yang bebas ngisi sesuai jumlah nominal yang dia tekan. Nah, bagusnya di sana tuh cara bayarnya  pake voucher.


Nah, ini dia tipsnya. Buat lu yg udah tau, jgn mau dibodohin sama karyawan pom bensin, lu harus berani ngucapin :
  1. Mas/Mba, tolong hendlenya jangan dimainin, diteken sampai full
  2. Mas/Mba tolong sampai tetes terakhir (yaelah, jadi kaya iklan susu dah) dari selang heandle. Kenapa kita harus ngomong gitu? Karena selang mesin itu lumayan panjang, yaaa ada lah sekitar satu sampai dua liter bensin di dalem selang tsb, belum lagi hendle katub yang dimainin.
Kalo perlu, kalau kita mau isi bensin trus ngantri, kita perhatiin aja si karyawannya pas ngisi bensin kendaraan di depan kita, mainin handlenya atau engga, kalau dia mainin handlenya, kita liatin aja karyawannya sambil liat handle yang dia mainin, biar dia tahu kalau kita tau cara curang dia + ga brani curangin kita. 

Motonya sih "PASTI PAS", tapi, ya percuma lah kalo angka di mesin pom bensin itu yang pas. Yang kita butuhin sih bukan angkanya, tapi bahan bakarnya. 









Bayu Gandhawasa Putera.


" Kecurangan Pada Pihak Pom Bensin "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar