Kamis, 19 Januari 2012

Mengatasi “Consider Replacing Your Battery” Di Windows 7

Buat yang di laptopnya pake OS (System Operasi) Windows 7, pasti kita bakal dapet notifikasi “consider replacing your battery” + munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Notifikasi yang muncul pas Windows 7 “menganggap” kalo baterai laptop kita tuh udah waktunya buat diganti.


Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image


Notifikasi ini tuh muncul pas Windows 7 mendeteksi kalo kapasitas baterai laptop kita sudah kurang dari 40% kapasitas seharusnya, dan karena itu, mau ga mau yaaa harus diganti. Tapi, udah banyak laporan dari orang2 yg pake Windows 7 di berbagai pelosok dunia yang komplain, kadang2 Windows 7 itu salah ngedeteksi kapasitas baterai laptop. Bahkan, pernah ada user yang udah ganti baterai laptopnya yang baru, tapi masih aja dapet notifikasi ini.

Dari ga akuratnya Windows 7 ngedeteksi kapasitas baterai laptop, kita tuh sepakat, kalo baterai laptop adalah barang yang mahal. So, selama masih bisa dipake dengan baik (ya walaupun udah kurang dari 40% kapasitas ideal), ya ga perlu diganti. Kalo kata gua sih kalo  baterai laptop masih bisa tahan di atas 30 menit sih ya ga usah diganti, belum waktunya. (ya ga tau deh pendapat orang lain gimana, namanya juga manusia pasti pendapatnya berbeda2 tapi ada juga sih yang sama. hehe) 

Oke balik lagi. Nah, kalau kita dapet masalah “consider replacing your battery” kaya yang di atas, kita ga perlu panik / buru2 beli baterai laptop baru. Ini gua ada tips sederhana buat ngilangin notifikasi yang mengganggu tsb. Gini caranya:

  • Pertama, charge baterai dulu ampe full (99% – 100%), uda itu itu matiin laptopnya. Sampai tahap ini jangan dulu cabut chargernya.

  • Kedua, hidupin laptop, trus tekan F8 berulang2 ampe muncul menu Advanced Boot Options. Pilih Safe Mode.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image
  • Kalo udah masuk ke dalem Windows Safe Mode,  cabut aja charger baterai laptopnya.

  • Biarin aja laptop nyala ampe mati sendiri, ampe baterainya bener2 habis. Gua saranin sih jangan mengoprasikan laptop selama proses ini. Tungguin aja ampe laptop mati sendiri.

  • Kalo uda mati, pasang lagi charger laptop, trus nyalain laptop. Tereeeeeng, hasilnya semua kembali normal. Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai ga muncul lagi.

Cara Menangani Consider Replacing Your Battery Pada Windows 7 Image


Nah, cara yang gua kasih itu cara buat mengkalibrasi kapasitas baterai laptop. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai bener2 habis (kapasitas 0%). So, Windows 7 tuh jadi tau kalo kapasitas sebenarnya dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter2 yang berhubungan sama baterai laptop tsb.



Bayu Gandhawasa Putera. " Mengatasi “Consider Replacing Your Battery” Di Windows 7 "



Tidak ada komentar:

Posting Komentar